Monday, December 27, 2010

Jalan-Jalan (Part 4)

Jalan-jalan tapi pulangnya ga bawa oleh2 ga oke doongg???? Jadilah hari ini kita berburu oleh2. Kemana aja?

YEN YEN
Klo lagi mampir ke Bandar Lampung, dan bingung mau cari2 oleh, mampir aja kesini. Ga tau tempatnya? Tanya aja sama orang2, hampir sebagian besar pasti tau nih toko Yen Yen. Sebenernya sih, banyak tempat buat cari oleh2, di supermarket juga biasanya ada. Tapi, toko Yen Yen ini selalu aja penuh, apalagi pas musim liburan, atau weekend. Mungkin karena toko ini bisa dibilang pelopor pusat oleh2, jadi semua orang nyari kesini. Selain itu, toko ini bisa punya oleh2 lengkap dari makanan khas Lampung, sampe yg khas Palembang juga ada. Karena Lampung ama Palembang tetanggaan, jadi ya makanannya beredar juga disini. Hehe. Harga yang lebih murah juga jadi salah satu alasan orang2 pada mampir kesini. Buat yang datang dari luar kota, atau mau ngirim oleh2 buat saudaranya di luar kota, gak usah bingung gimana cara bungkusnya. Karena, toko ini juga memberikan jasa packing oleh2 yg kita beli, gratis, dibungkus dengan rapi pake kardus dan dikasih kertas coklat buat ngelapisin. Pokoknya rapih deh dijamin! :D

Biasanya yang paling banyak dicari orang buat oleh2 tuh, keripik pisang. Apalagi rasa coklat, juara banget dah enaknya. Klo gw sih sukanya keripik pisang Suseno atau Aneka. Nah, klo di Yen Yen adanya yang Aneka aja, soalnya Suseno punya toko sendiri di sebelahnya Yen Yen. Dulu sih keripik pisang adanya cuma rasa manis, asin, coklat keju, sekarang mah udah macem2, sampe rasa strawberry, melon, dll juga ada. Bingung deh gw ada keripik pisang rasa melon. *kesian pisangnya jadi labil, dia bingung sebenernya dia pisang apa melon? haha* Selain itu, banyak juga orang yang cari kopi Lampung, banyak yang bilang enak. Masih banyak lagi di toko ini, ada manisan, abon ikan, abon udang, kerupuk belida, keripik balado, dll.

Dijamin maknyuusss...

PUSAT BATIK GABOVIRA
Walopun udah lama tinggal di Lampung, gw baru loh denger tentang batik Lampung ini. Hehe. Padahal yang punya usaha ini udah mulai merintis bisnis batik Lampungnya sejak tahun 2003. Mungkin karena selama ini Lampung terkenal dengan Tapis, jadi blom banyak yang denger tentang batik Lampung.

Pusat Batik Gabovira ini memang agak jauh dari pusat kota, di sekitar daerah kemiling. Gw juga ga begitu apal daerah sini, tapi sebelum terminal kemiling belok kiri di jalur dua jalan Teuku Cik Ditiro, trus luruuuusss ampe mentok, belok kanan, ketemu pom bensin belok kiri, lurus lagi ntar ada penunjuk jalannya di pinggir jalan. Letaknya emang di dalem perumahan gtu. Sampe kemaren gw dateng sih dia masih di rumah gtu tokonya. Tapi gw liat ga jauh dari situ udah dibangun showroon yang lebih gede, mungkin dalam waktu dekat bakal pindah, jadi lebih nyaman.

Gabovira punya cukup banyak koleksi kain batik Lampung, ada juga beberapa batik Jawa, dan beberapa campuran batik Jawa-Lampung. Harganya bervariasi untuk kainnya, mulai dari 100ribuan. Selain kain juga ada koleksi kemeja batik, dompet, tas, dll. Bagus2 deh motif kainnya. Gw suka corak yang ada aksara Lampung-nya, soalnya unik aja keliatannya. Kan klo motifnya gajah kan bosen. Haha.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat! :D

0 comments:

Post a Comment