Saturday, March 12, 2011

Ganesha Membatik

Mari membatik!

Excited banget gw mau ikut acara ini. Soalnya ga pernah nyoba bikin batik pake canting + malam sebelumnya. Jadi penasaran banget.

Ganesha Membatik adalah salah satu rangkaian acara Tanggap Warsa 40 Perkumpulan Seni Tari dan Karawitan Jawa (PSTK) ITB. Dalam acara ini ratusan orang membuat batik bersama - sama sesuai dengan kreasi masing - masing. Cukup dengan membayar 15ribu rupiah saja, anda bisa berkreasi membuat batik sendiri. Masing - masing peserta mendapatkan selembar kain, canting, kertas contoh pola, dan pensil ketika melakukan registrasi ulang. Setelah itu peserta dibagi menjadi kelompok - kelompok kecil berisi 4 orang, untuk kemudian berbagi 1 kompor dan wajan berisi malam untuk membuat pola batik. Untuk memudahkan peserta, tiap kelompok dipandu oleh satu orang panitia yang mengajarkan bagaimana cara membatik.

Daann..dimulailah perjuangan kami membuat batik.
Gw, wiput, dan amel satu kelompok, plus 1 orang anak 2009, yang kita juga baru kenal. Mulai deh tuh mikir - mikir mau gambar apa. Awalnya sih agak kaget juga karena ternyata harus bikin pola sendiri. *buset dah, gambar apaan yak?* Kirain polanya udah ada, trus kita tinggal ngasih malam/lilinnya aja deh. *ngarep* Jadinya ngasal aja deh bikin pola sok manis ada bunga - bunganya, pake daun - daun, tapi baru setengah bagian kain digambar, gw udah keabisan ide. Akhirnya, karena kelompok tetangga kayaknya udah mulai men-canting, yasudahlah..apa adanya aja polanya. Masuklah kita ke bagian paling susah, tapi gw ga tau apa namanya. Yang jelas, di tahap ini kita mulai menimpa pola yang tadi kita buat pake malam cair yang dipanasin di wajan. Sebagai "pena" digunakanlah canting dengan malam sebagai "tinta" nya. Sebut saja nama prosesnya "mencanting". Hehe.

Pernah liat ga ibu - ibu membatik pake canting gitu? Kelihatannya mudah ya. Tapi ternyata, susah bangeeet lho. *menurut gw*. Klo malam-nya terlalu cair, begitu ujung cantingnya nyentuh kain pasti langsung bleber kemana2 malam-nya. Tapi klo malam-nya terlalu kental, mampet cantingnya. Astagaaa..stres sendiri gw. Pantesan aja ya batik tulis harganya muahaaall.. Awal2nya sih masih usaha biar rapi gtu, lama2 udah sebodo amat dah miring2, yang penting jadi. Paling emosi klo tiba2 malam-nya netes di tempat yang salah, atau lebih parah netes di tangan. Panaass mameen. Setelah sejam lebih berkutat dengan canting, akhirnya kita masuk ke tahap pewarnaan. Sebenernya gw pikir batik ini jadinya cuma 1 warna doang. Ternyata diwarnain pake warna - warna dasar, merah, kuning, biru. Jadi, klo mau warna selain itu ya tinggal dicampur aja sesuai keinginan. Jadinya lucu juga lho, kayak kaos2 tie dye gitu deh. Setelah diwarnain, batiknya terus dikasih semacam pelapis gtu biar ga luntur, namanya proses water glass. Nah, klo udah dijemur deh sampe kering. Klo udah kering baru lanjut ke proses berikutnya, yaitu proses penghilangan malam dari kain. Klo malam-nya udah ilang, kainnya dijemur lagi deh, klo udah kering baru bisa diambil. Akhirnya jadi juga deh batik dengan kreasi sendiri dengan pola suka - suka. Hehe. Walaupun ga oke2 banget gambarnya, tapi puas ngeliat hasil bikinan sendiri.

Gimana? Oke kan batik gw?? hihihi.

Panitia sedang melakukan proses penghilangan malam pada kain


Beberapa hasil karya peserta yang sedang dijemur


Hasil karya kami!
J


p.s : Buat panitia, adain lagi dong acara kayak gini. Saran, klo bisa ngadainnya di ruang tertutup, panas banget dah kemaren. Hehe. Terima kasih!
J

2 comments:

sekedarmampir said...

Dr panitia: terima kasih atas antusiasme dan kesan pesannya yg keren bangeet... =)

Ditunggu partisipasinya lagi yaa...

Oiya kita juga masih ada acara lg lho yaitu pagelaran Ramayana (tahu g kisah ramayana?) makanya dont miss it @24 april 2011 Sabuga

cityca said...

sama samaaa...
kalo ada acara membatik lagi saya mau deh ikut. next time pasti udah lebih jago nih.
Hehehehe..

Oke deh.
Ditunggu acara pagelaran selanjutnya.
makasih udah mampir.
:) :)

Post a Comment