Wednesday, January 25, 2012

The Iron Lady

Another awesome movie!
*angkat semua jempol buat Meryl Streep*

Film ini pada dasarnya emang udah keren banget karena memang ceritanya tentang Margaret Thatcher, wanita luar biasa yang pernah menjadi Perdana Menteri Inggris wanita yang pertama. Namun, film ini jadi semakin hidup dan terasa sekali aura "power" yang dimiliki MT karena diperankan oleh Meryl Streep. Tidak heran kalau akhirnya dia mendapat penghargaan The Best Actress di Golden Globe Awards.

Seperti yang udah gw bilang sebelumnya, film ini bercerita tentang Margaret Thatcher, tentang kehidupan pribadi dan politiknya. Film ini diawali dengan adegan MT yang sudah tua sedang membeli susu di toko, sendirian, dan tanpa seorang pun yang mengenalinya. Disini kita akan melihat sisi MT ketika sudah tua, dengan kondisi yang cukup memprihatinkan. Dimana dia mengalami demensia, dan tampak bingung. MT seperti mengalami guncangan yang hebat yang membuatnya bertingkah seolah2 masih menjabat sebagai Perdana Menteri. Kenyataan pahit karena ditinggal suami dan karir politiknya yang menurun drastis sangat mempengaruhi kejiwaannya.

Kehidupannya masa lalunya kemudian dapat kita lihat dalam flashback dari ingatan2 MT. Dimulai dari ketika dia remaja, dimana dia terlahir hanya sebagai putri pemilik toko bahan makanan. Saat itu dia juga sering mendapat sindiran karena tidak menjalani hidup seperti wanita pada umumnya saat itu, berdandan cantik dan menikah dengan pria mapan. Margaret malah meneruskan studinya di Oxford, meskipun dianggap "aneh" oleh lingkungan sekitarnya. Namun memang itulah yang dia dan ayahnya inginkan. Ayahnya menjadi sosok panutan baginya.

Setelah lulus dari Oxford dia mencoba untuk masuk ke dalam parlemen. beberapa kali mencoba, diapun gagal. Karena dia dianggap tidak memiliki "modal" untuk meyakinkan orang2 agar memilihnya. Di saat itulah ia dilamar oleh Dennis Thatcher, pengusaha muda yang sangat mencintainya dan mendukung keinginannya untuk masuk ke dalam parlemen. Singkat cerita, MT akhirnya berhasil masuk ke dalam parlemen. Menjadi satu2nya wanita yang tidak mau kalah dengan anggota parlemen lain dan dengan berani menyuarakan pendapatnya. Kehidupan karirnya meningkat pesat dan semakin cemerlang. Namun sayangnya, hubungannya dengan keluarga terutama anak2nya tidak sebaiknya karirnya.

Menurut gw, film ini wajib ditonton sama semua orang Indonesia deh. *agak lebay* Hehe. Tapi serius, banyak banget pelajaran yang bisa kita ambil di film ini. Meskipun memang ga semua figur sempurna ya. Tapi kita tetep bisa ambil nilai2 positif nya. Salah satu yang perlu bangsa ini contoh adalah ketika MT bersikeras tidak akan berkompromi dengan Argentina yang telah berusaha merebut Kepulauan Falkland. Ketika semua orang merasa pulau tersebut tidak memiliki nilai dari segi politis dan ekonomis sehingga tidak perlu dipertahankan, MT tetap dengan tegas berniat untuk merebut kembali pulau tersebut agar kembali ke tangan Inggris. Mudah-mudahan suatu saat Indonesia bisa belajar dari peristiwa ini, sehingga keselamatan semua WNI di manapun mereka berada, terutama yang jauh dari tanah air, bisa terjamin.

Selain sikap, beberapa perkataan yang dikutip di film ini pun bisa dijadikan pelajaran buat kita. Ini beberapa quotes dari Margaret Thatcher yang jadi favorit gw.
  • Watch your thoughts for they become words. Watch your words for they become actions. Watch your actions for they become habits. Watch your habits, for they become your character. And watch your character, for it becomes your destiny! What we think we become. My father always said that... and I think I am fine.
  • It's time to get up! It's time go to work! It's time to put the great, back into Great Britain!
  • With all due respect sir, I have done battle, every single day of my life.
Satu hal yang gw sayangkan adalah, gw tidak terlalu banyak tahu tentang Margaret Thatcher. Mungkin kalau udah pernah baca biografinya atau memang tahu banyak tentang sosoknya, nonton film ini bikin jadi lebih terkagum2 lagi sama sosok MT.

Terlepas dari sisi politik yang terjadi di dunia nyata. Film ini layak banget buat ditonton dan diambil nilai2 positifnya. Selamat menonton! :D


0 comments:

Post a Comment