Thursday, January 26, 2012

NASIONAL.IS.ME

Thanks to Wiput yang udah minjemin gw buku ini dan Ranah 3 Warna. :D

NASIONAL.IS.ME. Kalo liat sekilas dari judulnya, mungkin sebagian besar dari kita pasti bisa nebak buku ini isinya pasti ga jauh2 dari tema “cinta tanah air”. Gw yakin beberapa juga mikir ini buku pasti bahasannya bakal “berat” dan membosankan banget. Kalo gw sendiri sih sebenernya curiga buku ini isinya serius tapi lucu. Hehe. Kok bisa gitu?

Sebelum bahas bukunya, mending kita bahas penulisnya dulu aja, Pandji Pragiwaksono. Kalo temen2 suka nonton Metro TV, sosok Pandji ini bakal familiar banget deh. Bersama Raditya Dika, Ronal Surapradja, J Flow, dan Andhari, Pandji membawakan acara Provocative Proactive. Selain itu, dia juga seorang penyiar, MC, dan juga sering tampil di acara2 Stand Up Comedy.

Pertama kali gw tau Pandji sebenernya udah agak lama. Jaman2 gw SMP apa SMA ya? Maap agak lupa. Hehe. Pada saat itu Pandji masih bawain acara “Kena Deh” di ANTV. Jujur, gw suka banget sama acara itu. Haha. Abisnya kocak sih. Padahal konsep acaranya se-simple itu. Jadi, tugasnya cuma datengin orang, sok2 ngajak ngobrol sambil di sela2 ngobrol dia bakal nanya beberapa pertanyaan. Kalo orang yg diajak ngobrol itu bisa jawab dengan benar, dapet 50ribu deh per pertanyaan. Asik kagak tuh. Hehe. *kocaknya dimanaaa???* Mesti nonton sendiri baru bisa ngerasain. Hehehe. Karena pertama kali gw tau Pandji lewat acara itu, image dia di mata gw sampe sekarang tetep aja ga berubah. Humoris. Walopun belakangan dia juga semakin sering “terlibat” dengan, hmm.. apa ya? Dunia politik? Engga juga sih kayaknya. Apa ya istilah yang pas? *bingung* Well, intinya image nya jadi “lebih serius” tapi tetep dibawa fun.

Kembali ke buku. Nah, seperti yang gw bilang. Image Pandji yang jadi “lebih serius” kayak gw bilang tadi itu bisa kita lihat di buku ini. Mungkin sebenernya dari dulu emang orangnya udah gitu sih, gw aja yang me-move on­-kan *bahasa apa ini?* image dia di mata gw, dari yang humoris ke serius. Haha. Makanya gw curiga, ini buku isinya serius tapi lucu.

Di buku ini kita bisa melihat kecintaan Pandji terhadap Indonesia yang dia lihat dari berbagai “aset” yang dimiliki negeri kita ini, tapi terkadang tidak kita sadari atau kita anggap remeh. Padahal rasa “cinta” tersebut dia dapatkan hanya dari pengalaman hidupnya, dari kejadian2 di sekitarnya, ketika sekolah, kuliah, bekerja, dll. Lagi-lagi, se-simple itu. Buku ini kayak ngajak kita buat menyadari kalo Indonesia tuh kayaaaaa banget. Bangsa ini punya aset yang potensial dan sangat besar untuk bisa dikembangkan. Kalo diterjemahin dengan persepsi gw ibaratnya gini : kalo emang belom bisa, ya ga usahlah sok2 ngomong “besar” tentang perubahan bangsa ini. Mulai aja dengan hal2 sederhana yang ada di sekitar kita yang tidak pernah kita sadari kalo dibalik itu ada potensi besar milik bangsa kita.

Salah satu yang gw suka dari baca buku ini, baca nya ga sesuai urutan bab juga ga masalah. Gw baca buku ini mulai dari bab2 yang gw anggap menarik diliat dari judulnya. Hehe. Bab favorit gw? Bab yang berisi tentang dunia olahraga dan Pandji. Gw baru tau kalo ternyata ayah Pandji itu adalah seorang atlet. *Atlet apa?* Baca sendiriiii… :p Sebagai sesama pecinta Timnas, gw bisa ngerasain apa yang diceritain Pandji di bab ini. Kalo bab yang ga gw suka? Bab tentang ekonomi. Hihihi. Gak ngerti soalnya, tapi tetep gw baca pelan2, sambil mencoba buat memahami sedikit2.

Bab paling penting dari buku ini adalah bab yang menceritakan hal-hal yang selama ini dilakukan Pandji untuk membantu sesama. Pandji menjelaskan bab ini dengan baik, tanpa ada kesan ingin membangga2kan apa yang telah dia kasih buat orang lain. Malah pesan “ajakan” untuk ikut berpartisipasinya sangat terasa. Bab ini adalah satu2nya bab yang bikin gw berpikir saaaaangat keras. Kalo gw, apa yang udah gw lakukan? Sesaat gw bener2 ngerasa ga berguna. Tapi akhirnya gw inget proyek gw sama temen2 gw di blog Apoteker Bercerita. Sedikit lega ternyata ada juga sedikit kontribusi gw buat bangsa ini. Mudah2an gw diberi kesempatan untuk melakukan yang lebih besar lagi yang bermanfaat untuk orang lain. Amin. Di bab ini juga Pandji ngajak kita untuk menyumbangkan sesuatu buat orang lain yang membutuhkan, apapun, bisa berupa uang, waktu, tenaga, dll. Jadi sebenernya ga ada alasan ga bisa ngasih bantuan, ya yang ada tinggal mau atau ga mau.

Buku ini menghadirkan “nasionalisme” dalam berbagai bentuk yang diceritakan dengan bahasa yang ringan tapi “kena” pesannya. Gw sendiri sih sebenernya cukup “muak” dengan isu2 “nasionalisme” yang suka dielu-elukan orang2. Karena nasionalisme sendiri sebenernya udah kayak makanan sehari2 pas gw masih SMA. Kalau di sekolah lain ada alumni yang berprofesi sebagai pilot pindah dari maskapai dalam negeri ke maskapai asing, mungkin efeknya tidak terlalu besar. Tapi kejadian kayak gitu di sekolah gw, efeknya bisa siswa satu sekolah dikumpulin trus “diceramahin” sama orang dari Dephan. Iya. Se-serius itu. Makanya buku ini gw rekomendasikan. Hehe. Buku ini bisa bikin orang2 kayak gw, yang udah terlalu muak dengan gaya2 nasionalis orang2, jadi bisa menerima nasionalisme dengan cara lain, yang lebih fresh, cerdas, inovatif, dan diiringi passion dalam penyampaiannya.

Sebenernya gw telat banget dah baru baca buku ini. Yah tapi, better late than never lah yaaa.. *alesan* Yang belom baca, buruan deh baca. Yang udah baca, ya sebarin dong manfaat dari buku ini. ;) Oke?

Info tambahan : Kalau kalian pengen mengenal sosok Pandji lebih jauh, bisa follow twitter-nya di @pandji. Bisa juga mampir ke web nya www.pandji.com. Yang menarik, disini temen2 bisa unduh hasil2 karya Pandji for free! Tapi kalo temen2 beli albumnya atau buku2nya *yang asli ya, bukan bajakan!*, bisa sekalian sedekah lho. Karena hasilnya akan disumbangkan.

Bermanfaat banget kan?

0 comments:

Post a Comment