Tuesday, February 22, 2011

Saya suka telur!

Makanan yang sangat simpel, mudah diolah, bergizi, enak rasanya, dan jadi favorit saya : Telur.

Ya. Gw suka banget sama telur. Sangat suka. Buat gw, telur itu makanan yang cocok di segala suasana. Terkadang, klo lagi sakit, gw paling males mau makan. Disodorin makanan yang enak dan bermacem2, gw malah makin males makan. Klo udah gtu, pasti gw lebih milih makan telur. Kayaknya simpel aja gtu makannya, ga ribet. Atau klo lagi bingung banget mau makan, ga tau mau beli lauk apa, pasti yang pertama gw cari, telur. Eh, telur juga berguna menyelamatkan hidup mahasiswa klo lagi bokek lho. Haha. Daripada beli makanan instant kan mending makan nasi ama telor, pake kecap tambah enak deh.

Sampai saat ini gw belum nemu olahan telur yang gak gw suka. Kayaknya hampir semuanya gw suka deh. Digoreng, direbus, disambelin, dikecapin, dicampur di capcay, nasi goreng, sup, dibikin omellete, nyaaamm... semuanya gw suka! Terkadang klo lagi ke kafe atau tempat makan lain, klo gw bener2 buntu ga tau mau mesen apa, pasti gw cari makanan yg ada olahan telurnya. Ya karena itu tadi, telur itu, buat gw adalah makanan yang pas di kondisi apapun, bahkan di saat gw ga pengen makan sekalipun.

Satu hal yang gw ga ngerti sampe sekarang. Gw, klo makan telor ceplok/ telor mata sapi, suka banget klo dicampur kecap. Tapi klo telur dadar dicampur kecap, entah kenapa terasa agak kurang pas. Ga tau kenapa. Padahal cuma beda homogenitasnya aja antara dua telur itu. Hihihi.

Ah! Gw lupa, we're talking about chicken's egg ya! Hihihi. Tapi telur asin juga gw demen sih. :p

Telur, punya beberapa manfaat untuk kesehatan, antara lain:
1. Kandungan proteinnya yang tinggi, membantu proses pertumbuhan dan memperbaiki sel - sel tubuh. Tingginya protein yang terkandung di dalam telur juga dimanfaatkan beberapa atlet untuk membentuk otot, contohnya Ade Rai. Ototnyeee..ebuset daah..gede amat. Haha.
2.Mengandung choline yang sangat penting untuk fungsi otak dan kesehatan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa mengonsumsi choline dalam jumlah yang cukup dapat menurunkan resiko kanker payudara.
3.Membantu mengatasi kekurangan zat besi. Telur mengandung zat besi dalam bentuk yang siap diserap dan digunakan, dibandingkan dengan zat besi yang terdapat pada suplemen.
4.Memiliki kadar kolesterol yang rendah. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, telur tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.
5.Membantu program diet. Hah? Kok bisa? Jadi, sarapan dengan telur, akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Nih, buat yang lagi diet, telur bisa jadi salah satu makanan alternatif nih.
daaaan...masih banyak lagi deh manfaat telur buat tubuh kita.

Pokoknya buat gw, telur is the best lah! :D


sumber dari sini dan sana.

0 comments:

Post a Comment