Thursday, October 6, 2011

Ranah 3 Warna

Pasti udah banyak doong yang baca buku ini??
Atau baru baca kayak saya?
Atau malah belum sama sekali?
Atauu... ga tau sama sekali ini buku apa? Hehehe.
Nah, berhubung saya baru (sempet) baca ini buku, saya bagi2 deh reviewnya*.
*berdasarkan opini pribadi. :p

Ranah 3 Warna ini merupakan buku ke 2 dari Trilogi yang dibuat oleh A. Fuadi. Buku yang pertama judulnya Negeri 5 Menara. Sebenernya gw udah pernah posting review buku yg pertama sih. Tapi ternyata setelah gw inget2, gw naronya di Tumblr. Hehe. Ntar deh gw pindahin kemari. :)


Buku ini menceritakan kisah Alif Fikri, pemuda asal Sumatra Barat yang merantau ke Bandung. *Sebelumnya di Negeri 5 Menara diceritakan kisah Alif menuntut ilmu di Pondok Madani* Semuanya berawal dari mimpi Alif untuk bisa membuktikan bahwa mimpinya, yang sering diremehkan orang, meskipun sulit tapi bisa diwujudkan kalau kita bersungguh - sungguh berusaha.
Man jadda wa jada. Siapa yang bersungguh - sungguh akan berhasil.
Ketika akhirnya ia berhasil mewujudkan salah satu mimpinya, ternyata "mantra" Man jadda wa jada saja tidak cukup baginya untuk menghadapi semua permasalahan yang seolah - olah datang bertubi - tubi menimpa dirinya. Di tengah rasa putus asa dan kekecewaan yang melanda, ia teringat kalimat kedua yang dia peroleh dari Pondok Madani :
Man shabara zhafira. Siapa yang bersabar akan beruntung
Nah, di buku inilah diceritakan petualangan Alif selanjutnya dalam merubah nasib "kurang baik" yang sedang menimpanya. Dengan bermodalkan kesungguhan dan kesabaran, Alif berusaha bangkit dari keterpurukan dan meraih kesempatan - kesempatan baik yang bertebaran di depannya.

Karena gw udah pernah baca buku pertamanya, jadi gw cukup yakin buku keduanya juga akan bagus. Seandainya gw baca buku ini pas awal kuliah, pasti gw makin semangat deh kuliahnya. *boong banget. ini cuma alesan doang kayaknya* Ahahaha. Banyak banget pelajaran yang bisa didapet dari buku ini, khususnya kalo lo masih kuliah. Meskipun jaman kuliah di cerita ini berlatar belakang sekitar tahun 90an, tapi kurang lebih punya dasar masalah yang sama. Uang dan Cinta. *tsaaaahh* Galau banget kesannya. Haha. Berhubung kampus gw juga disebut - sebut di buku ini, jadi agak2 ngerti banget deh yang mau digambarin ama penulisnya. Hehe. *narsis*

IMHO. Buku ini bagus buat:
  1. Mahasiswa yang baru kuliah. Atau yang baru mau kuliah.
  2. Pelajar - pelajar yang sedang berjuang menuntut ilmu.
  3. Orang - orang yang (mungkin) sedang putus asa dan butuh motivasi.
  4. Orang - orang yang suka membaca.
  5. Yaa..orang-orang yang lagi pengen baca novel aja. Iseng *tapi bermanfaat*. Haha.
Baiklah. Selamat membaca! :)


*Special thanks to wiput yang udah minjemin buku ini. Gw punya yg Negeri 5 Menara, siapa tau lo blom baca. Hehe.*

0 comments:

Post a Comment